Minggu, 04 Desember 2011

SELAYANG PANDANG PERGURUAN WALI SUCI INDONESIA



Maha Guru Haji Andi Bahtiar Polewali
Perguruan Seni Beladiri Wali Suci Indonesia didirikan oleh Haji Andi Bahtiar Polewali  pada tanggal 12 Pebruari 1960 di Desa Kebon Kapas, Bengkalis, Kepulauan Riau. Pada saat itu usia Maha Guru 25 tahun, dimana setelah mengalami proses yang cukup panjang, maka didirikanlah Perguruan Wali Suci tersebut.
Pada aawalnya ilmu Wali Suci ini hanya dikenal sebagai Ilmu Pertahanan yang menggunakan Tenaga Dalam/Pernafasan Sejati, yang selanjutnya dalam perkembangnnya dikenal dengan Ilmu Simpanan Tradisional.
Perguruan Wali Suci dapat sambutan dari berbagai kalangan masyarakat, dimana saat itu ilmu semacam Wali Suci ini belum ada yang ditonjolkan secara umum, walaupun diakui masih banyak ilmu warisan nenek-moyang kita yang merupakan ilmu simpanan yang hebat dan tidak dapat disebarluaskan, oleh karena sesuatu hal terutama dengan alasan terikat oleh tradisi kerokhanian.
Selanjutnya Perguruan Seni Beladiri Wali Suci semakin berkembang, terutama di daerah Riau Kapulauan, Riau Daratan yaitu Bengkalis, Selat Panjang, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tanjung Batu(Sungai Besi), Moro Sulet, Pulau Dani, dan lain-lain, yang akhirnya berkembang ke seluruh tanah air Indonesia, bahkan berkembang ke luar negeri.


PENGERTIAN WALI SUCI

Wali Suci mempunyai pengertian sebagai berikut :
Wali : artinya wakil dari kita
Suci : artinya jiwa yang bersih dan jujur
WALI SUCI adalah kita selalu bersikap jujur dengan keluhuran jiwa yang tinggi.


(Dikutip dari : "Buku Pedoman Pelatihan dan Penamatan PS.Wali Suci Indonesia", Bogor 1999)

19 komentar:

  1. SAYA ADALAH MURID DARI WS YANG ADA DISAMARINDA GURU MUDA SAYA WAKTU ITU ADALAH GURU MUDANYA ADALA BAPAK BAKRI MUNGKIN MASIH HIDUP HAMPIR 12 TAHUN SAYA MENINGGALKAN SAMARINDA TAHUN 1999, WS MEMPUNYAI ARTI YANG BESAR PADA DIRI SAYA KARNA ALLAH LAH SAYA DIPERTEMUKAN DENGAN TEMAN2 SEPERGURUAN WS , SAYA SANGAT BANYAK YANG SAYA DAPAT DENGAN KEKUASAAN ALLAH SWT WAKTU MASIH BERKUMPUL DENGAN KAWAN2 PENUH RASA KEKELUARGAAN YANG BEGITU AKRAB SATU SAMA LAIN DAN WS BUKANLAH PERGURUAN YG DILARANG DI JALAN ALLAH SESUAI DENGAN TUJUH KEWAJIBAN PERGURUAN WALI SUCI, SETIAP ANGGOTA HARUS SELALU MENTAATINYA DAN MELAKSANAKNNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kita kenal sma bpk sya kh ..dg.salli

      Hapus
  2. baru tau aku klo bapakku tuh wali suci ???

    BalasHapus
  3. sejatinya memang WS memelihara dan memupuk persaudaraan diantara anggota. dan sekedar info bahwa GM. Bakri Buana telah meninggal dunia.

    BalasHapus
  4. Andi Datin sekarang tinggal dimana ?

    BalasHapus
  5. Alamat WS di Samarinda dimana ya?

    BalasHapus
  6. Sya kra pak bakri msi hidup krn satu thn lalu beliau msi prn krmh jln jln. Oiya sya angota wali suci dari makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita dimana domisili dimana di Makassar ? soalnya ada Ranting WS yg aktif latihan yaitu Ranting Antang.

      Hapus
    2. Makassarx area mana yah saudaraku🙏

      Hapus
  7. mas daerah jawa ada ngaya wali suci

    BalasHapus
  8. mau ikut latihan wali suci daerah jawa tengah ada nga ya ... soalnya bapak saya juga ikut wali suci saya mau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jawa Tengah dan Timur tidak ada Cabang Resmi Wali Suci, tapi kalo di Jawa Barat (Kota Bogor) disitu terdapat Pengurus Pusat Wali Suci Indonesia, diketuai oleh GM. Ir.H.Triwibowo (08128894900) silahkan hubungi beliau jika ingin mendapatkan info lebih banyak tentang Wali Suci.

      Hapus
    2. Bang saya mau tanya dong kl di polewali siapa skrg yg masih memimpin perguruan wali suci ya

      Hapus
    3. Dan saya jg mau tanya apakah perguruan wali suci di bogor masih ada kah...makasih atas jawaban nya

      Hapus
  9. Ass... saya anak dari pengikut perguruan wali suci ,tapi sayangnya saya baru tau pas bapak saya meninggal .maka dari itu saya minta pendapat z mau melanjutkan atau saya mau berguru juga di perguruan wali suci

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum bolehkah saya bertanya?

    BalasHapus