Kamis, 08 Desember 2011

SEJARAH SINGKAT WALI SUCI


Pengazas Wali Suci ; Haji Andi Bahtiar Polewali Petta Rilangi


Perguruan ini didirikan oleh Haji Andi Bahtiar Polewali Petta Rilangi sebagai pengazas dengan gelar Maha Guru Wali Suci dan pertama kali dikembangkan pada tanggal 12 Pebruari 1960 di Sumatra (Pulau Bengkalis) kemudian di Jakarta. Di Kota Jakarta inilah nama Wali Suci mulai dikenal secara formal sebagai Biro Konsultasi Kebatinan Wali Suci. Seiring dengan hijrahnya Haji Andi Bahtiar Polwali ke Malysia bersama keluarga, maka selanjutnya berkembangan Wali Suci pesat di Malaysia (mulai tahun 1968 sampai sekarang). Tepatnya hari Ahad tanggal 24 Juli 1977 setelah mendapat mandat kelulusan dari Pejabat Pertubohan Malaysia, diresmikan secara besar-besaran oleh pemerintah melalui Menteri Kebudayaan Belia dan Sukan Malaysia Datuk Samad Bin Idris dengan nama : Pertubohan Seni Beladiri Wali Suci Malaysia, dengan nomor registry No. Pendaftaran : 1847/Selangor Mengikut Seksyen 12 Perlembagaan Kerajaan Malaysia.

Nama Perguruan Wali Suci Indonesia sebagai sebuah perguruan Pencak Silat sebelumnya bernama Persatuan Seni Budaya Bela Diri Pencak Silat Wali Suci Indonesia yang berpusat di Tanjung SelorTarakan, dan mendapat pengakuan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor pendaftaran : 09/II 26.6/Lt-1981. 

Haji Andi Bahtiar Polewali bersama H.Usman Balo  dan para Guru Muda
serta Pengurus Pusat Wali Suci Indonesia di Pare-Pare tahun 1986

Kemudian resmi berdiri di Pare-Pare, Sulawesi Selatan sebagai Pusat Kepengurusan pada tanggal 27 Desember 1984 yang didirikan oleh H. Andi Bahtiar Polewali bersama beberapa pengurus lainnya kemudian dikelola secara organisatoris dan mendapat pengakuan dari IPSI dalam SK PENGDA IPSI Sul-Sel No. 59/CA/IPSI. SS.V/89, telah terdaftar pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No.263/B dengan nama Perguruan Seni Budaya Beladiri Pencak Silat Wali Suci Indonesia . 

Kemudian perguruan ini sekarang berkedudukan di Kota Bogor dan pada tahun 2005 ini namanya diganti menjadi Perguruan Wali Suci Indonesia. Perkembangannya hingga kini melebarkan sayapnya ke seluruh Indonesia dan sampai ke luar negeri (Asia dan Afrika) tersebar di : Brunai Darussalam, Singapura, Malaysia Barat dan Malaysia Timur (Sabah), Filipina Selatan, Pakistan (Lahore), India (Kerla, Fatimanivas, Edakkara), Libya dan Mesir.

Adapun Pengurus Pusat Perguruan Wali Suci Indonesia berkedudukan di Kota Bogor dan terdiri dari beberapa  Pengurus Wilayah ditingkat provinsi dan Pengurus Cabang ditingkat kabupaten, serta Pengurus Ranting ditingkat Kecamatan yang tersebar di seluruh Indonesia dan belahan negara-negara Asia.

Maha Guru Andi Sophian Bahtiar, SE.

Tepat pada hari Ahad tanggal 4 Agustus 2019 di Hotel Bukit Kenari Kota Pare Pare, Sulawesi Selatan diselenggarakan  Musyawarah Nasional Guru Muda Wali Suci sekaligus dirangkaikan peringatan 100 hari  wafatnya Haji Andi Bahtiar Polewali Petta Rilangi. Pada kegiatan tersebut secara resmi dideklarasikan Andi Sophian Bahtiar, SE selaku ahli waris sebagi Maha Guru Wali Suci yang dihadiri oleh para Guru Muda seluruh Indonesia dan Malaysia. 

Pada tahun 2020 setelah mendapatkan legalitas hukum atas Keputusan KEMENKUMHAM Republik Indonesia Nomor AHU-0009153.AH.ak01.07 Tahun 2020, maka nama perguruan berubah menjadi Seni Bela Diri Wali Suci. 



10 komentar:

  1. Ass.... mohon maaf saya anak dari pengikut/persatuan dari wali suci indonesia .saya mau bertanya kalau saya mau bergabung dalam perguruan ini caranya bagaimana ??

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum. Kak dimana tempat pelatihan Wali Suci di kota palu kak? Mohon di jawab kak🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan hubungi GM H. Basri Majid, HP : 0812 41133529

      Hapus
    2. Silahkan hubungi GM H. Basri Majid, HP : 0812 41133529

      Hapus
  3. Alhamdulillah. Saya menjadi ahli WS di Sabah sejak tahun 1980.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum.. Saya dari Singapur,ada nggak cabang W.S di Singapur yg bisa saya ikutin?Pengen skali ngikutin menjadi ahli.. mohon penjelasannya Pak..
    Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  5. ⤴️ Maaf.. ini WA saya..
    +65 88303807
    Makasih sebelumnya...
    Assalamualaikum...


    BalasHapus
  6. Perkenalkan nama Saya Achmad Kusasi , saya Guru Muda di Kabupaten Kutai Kartanegara
    bagi saudara saudara yang ingin bergabung pada Seni Bela Diri Wali Suci di Wilayah Kab.Kutai Kartanegara bisa menghubungi saya no.hp. 085348226470

    BalasHapus